BERITA & ARTIKEL > Barongko, Kue Tradisional Bangsawan Hingga Pribumi Makassar

27 November 2018

Barongko, Kue Tradisional Bangsawan Hingga Pribumi Makassar

Pernahkah anda penasaran bagaimana rasanya menjadi bangsawan dan makan makanan seorang bangsawan? Well, ternyata di Makassar ada satu kue yang konon kabarnya pada jaman dahulu kue ini adalah makanan khusus kaum bangsawan kerajaan yang ada di Bugis. Namun, setelah jaman berubah makanan ini kemudian disantap oleh pribumi Makassar. Nama dari kue ini adalah kue ‘Barongko’.

Kue ini berasal dari daerah Bugis, Sulawesi Selatan. Umumnya raja-raja Bugsi akan menikmati panganan yang berbahan pokok pisang yang dihaluskan ini sebagai makanan penutup. Walaupun hidup di jaman raja, makanan ini masih saja tetap eksis, lho! Bahkan sekarang sudah tida se-eksklusif dahulu. Pada jaman sekarang, warga pribumi Bugis membuat kue ini sebagai pelengkap menu makanan pada saat ada pesta.

Buat anda yang tertarik untuk membuat makanan yang satu ini. Baha utama Barongko adalah pisang, gula, telur, Garam Industri Sumatraco, santan kelapa dan susu. Setelah itu, aduk semua bahan tersebut menjadi satu lalu bungkus dengan daun pisang. Untuk menambah varian rasa, Barongko jaman now biasanya akan dipadukan dengan durian, nangka, daging kelapa muda dan daging buah lontar. Tahap akhirnya adalah Barongko akan dimasak dengan cara dikukus. Barongko ini paling nikmat disantap pada saat hangat. Walaupun sudah melegenda, makanan ini hampir tidak pernah kehilangan cita rasanya, lho.

Nah, kalau anda sedang berkunjung ke daerah Bugis, akan sangat mudah untuk menemukan panganan ini. Kue Barongko memang sangat populer disuguhkan oleh orang-orang Bugis sebagai menu perjamuan, baik pada pesta pernikahan, mabbarasanji,mappanre temme, massunna, naik rumah baru, pesta panen hingga acara syukuran lainnya.

Berita & Artikel Lainnya

01 October, 2023

Peranan Distributor Garam Industri

Garam memiliki peran penting dalam berbagai industri. Selain sebagai bumbu dalam industri makana...

28 September, 2023

Dukungan Pemerintah Kepada Produk Garam Petani Lokal

Pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan industri garam petani lokal Indo...

21 September, 2023

Diversifikasi Produk Garam Petani Indonesia

Garam telah menjadi salah satu bahan penting dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai bumbu masa...