BERITA & ARTIKEL > Ngintip Garam di Jeollanam-do Korea |Jual Garam Beryodium Sumatraco

07 November 2019

Ngintip Garam di Jeollanam-do Korea |Jual Garam Beryodium Sumatraco

Jika Madura adalah penghasil garam terbesar di Indonesia, maka Jeollanam-do merupakan provinsi penghasil garam terbesar di Korea, dengan kualitas garam yang paling bagus. Alamnya yang masih asri dan bersih bebas dari polusi udara karena Jeollanam-do merupakan daerah berpulau pulau kecil yang jauh dari kota.

Pembuat garam di provinsi Jeollanam tepatnya di Jeonnam Sin Angun memiliki lahan seluas lebih dari 1.4 juta meter kubik. Dilahan inilah lebih dari 50 % penduduk Jeollanam yang berjumlah 1800 orang menjadi petani garam.

Awalnya ditahun 1963 masyarakat beranggapan bahwa garam yang dihasil kan di Sin Angun ini memiliki kualitas yang rendah karena berbagai kandungan mineral di dalam lumpur tidak cocok dimakan.

Namun setelah melalui penelitian lebih lanjut kandungan mineal di dalam lumpur didaerah Sin Angun adalah yang paling bagus di Korea.

Saat musim dingin petani garam tidak melakukan aktifitasnya. Petani garam mulai melakukan pekerjaannya sekitar bulan april hingga September beda dengan di kota lain yang melakukan pekerjaannya sekitar bulan maret hingga oktober.

Daerah Sin Angun memilih bulan april hingga September karena dibulan itulah paling bagus hasilnya. Dan garam dibulan juni merupakan garam kualitas tinggi. Hadohhh.. kalau kita mah tinggal pakai aja ya? Yang penting mengandung yodium udah cukup.

Suhu yang paling tepat bertani garam adalah sekitar 28 hingga 29 derajat Celsius saat angin barat yang datang sepoy-sepoy ikut membawakan serbuk sari dari pohon sonamu yang tumbuh banyak didaerah Sin Angun.

Konon serbuk pohon sunamo yang ikut mengendap dan nempel di garam mengakibatkan garam yang dihasilkan semakin bagus. Dari dahulu di Korea tepatnya di Jeonnam Sin Angun bagian barat tepi pantai ada beberapa lahan yang digunakan.

Lahan pertama yang digunakan adalah alasnya mengunakan plastik hitam. Cara ini memang membuat air laut yang ditampung lebih mudah menguap dan lebih cepat menjadi garam namun sayangnya karena menggunakan plastik maka ditakutkan ada racun yang ikut terurai. Jadilah alas lahanya harus sering diganti.

Cara kedua, lahannya mengunakan alas onggi sejenis keramik yang bahan bakunya terbuat dari lempung dan tanah. Sayangnya onggi sangatlah mahal ditambah lagi garam yang dihasilkan tidak terlalu menjadi kristal dan warnanya seperti kaca. Pemakaian onggi tidak lagi dilakukan.

Cara ketiga, adalah mengunakan lahan tanah lumpur alami seperti jaman dahulu. Caranya adalah tanah diratakan hingga berlapis lapis dan mengakibatkan tanah lumpur ditepi pantai tersebut menjadi padat dan kuat. Alat yang digunakan untuk memadatkan lahan berlumpur adalah Kyonggi, sejenis traktor silinder.

Kelemahan mengunakan lahan ini adalah hasil yang diperoleh sangat sedikit jika dibandingkan dengan media plastik hanya 10 persennya saja.

Namun kebanyakan petani garam mengunakan tanah lumpur yang dipadatkan walaupun hasilnya sedikit karena yang dicari adalah kualitas garam yang dihasilkan benar benar bagus dan alami sesuai dengan standar kesehatan.

Untuk anda yang ingin men Jual Garam Beryodium Sumatraco, jangan khawatir untuk menjadikan pilihan. Karena telah terbukti Jual Garam Beryodium Sumatraco mengandung yodium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain juga tentu menguntungkan untuk anda yang ingin menjadi distributor Jual Segala Macam Garam Industri Sumatraco.

Sumatraco menjadi salah satu perusahaan yang men Jual Segala Macam Garam Industri Sumatraco yang memiliki Pabrik Garam Indonesia yang telah uji klinis dan keamanannya dan menjadi Pabrik Garam Tertua yang masih beroperasi hingga kini. Pabrik Garam Indonesia Sumatraco menJadi Sell Industrial Salt Indonesia dan tak perlu ragu untuk menjadi distributor Jual Garam Beryodium Sumatraco.

Berita & Artikel Lainnya

01 October, 2023

Peranan Distributor Garam Industri

Garam memiliki peran penting dalam berbagai industri. Selain sebagai bumbu dalam industri makana...

28 September, 2023

Dukungan Pemerintah Kepada Produk Garam Petani Lokal

Pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan industri garam petani lokal Indo...

21 September, 2023

Diversifikasi Produk Garam Petani Indonesia

Garam telah menjadi salah satu bahan penting dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai bumbu masa...