ANEKA BERITA & ARTIKEL

Alasan Garam Sumatraco Dipilih dalam Proses Pengasinan Ikan

22 / 11 / 2017

Pengasinan ikan adalah metode pengawetan makanan yang telah digunakan sejak berabad - abad lamanya. Salah satu bahan utama yang digunakan dalam proses ini adalah garam. Dalam hal ini, garam sumatraco menjadi salah satu pilihan populer bagi para nelayan dan produsen makanan laut.

Proses pengawetan pada ikan asin dengan garam karena garam bisa menarik air keluar dari makanan, sehingga cairan dalam ikan berkurang. Karena tidak ada air, bakteri tidak bisa tinggal pada ikang yang telah digarami sehingga ikan tidak cepat busuk.

Berikut Ini Alasan Garam Sumatraco Dipilih Dalam Proses Pengasinan Ikan

1. Kualitas Terjamin

Garam sumatraco dikenal karena kualitasnya yang bagus. Diproduksi dengan standar yang ketat, garam sumatraco memiliki kandungan mineral dan keasinan yang tepat. Kualitas dan konsisten rasa membantu memastikan bahwa ikan yang diawetkan dengan garam sumatraco memiliki rasa dan tekstur yang optimal.

2. Kandungan Mineral Yang Mendukung Untuk Pengasinan

Kandungan mineral yang terkandung dalam garam sumatraco seperti Magnesium, Iodium dan Kalsium, memiliki peran penting dalam mempengaruhi rasa, tekstur, dan daya tahan ikan yang diawetkan. Mineral - mineral ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang dapat mencegah pembusukan.

3. Kehalusan Kristal

Ukuran dan kehalusan kristal garam sumatraco memungkinkan untuk garam ini lebih merata dan lebih efektif meresap kedalam daging ikan. Proses pengasinan yang lebih merata membantu mempertahankan kualitas ikan, menjaga rasa alami, dan mencegah ketidakseimbangan rasa.

4. Tidak Mengandung Zat Tambahan

Garam sumatraco tidak mengandung zat tambahan seperti anti gerak dan pengawet sintetis. Ini penting untuk mempertahankan sifat alami dan murni dari ikan yang diawetkan. Penggunaan garam alami juga lebih sering dihargai oleh konsumen yang cenderung memilih produk makanan yang alami dan sehat.

5. Kandungan Yang Tinggi Dalam Air

kandungan Garam Sumatraco tinggi dalam air bisa berbahaya bagi sebagian besar mikroba. Ini karena ada dalam larutan tinggi Garam Sumatraco, mikroba akan pecah karena perbedaan tekanan di bagian luar dan bagian dalam organisme itu. Kandungan Garam Sumatraco yang tinggi juga menjadi racun bagi mikroba itu sendiri. Itulah mengapa Garam Sumatraco bisa menjadi pengawet dan mencegah makanan cepat basi.

Itulah beberapa alasan kenapa garam sumatraco dilipilih dalam proses pengawetan ikan. Dengan menggunakan gram sumatraco, dapat menghasilkan ikan asin yang berkualitas, sehat, lezat dan tahan lama.