ANEKA BERITA & ARTIKEL

Garam Sumatraco adalah Pilihan untuk Proses Pengasinan Ikan

22 / 11 / 2017

Ikan laut merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan. Namun, ikan laut juga mudah rusak dan membusuk jika tidak segera dikonsumsi. Salah satu cara mengawetkan ikan laut agar bisa tahan lama adalah dengan cara pengasinan. Pengasinan ikan adalah proses pengawetan ikan dengan menggunakan garam sebagai bahan utamanya. Garam berfungsi untuk menarik air keluar dari daging ikan, sehingga mencegah pertumbuhan dan berkembangnya bakteri.

Namun, tidak semua garam bisa dibuat untuk proses pengasinan ikan. Garam yang berkualitas rendah atau mengandung bahan kimia bisa merusak rasa, tekstur dan kesehatan ikan asin. Oleh karena itu anda harus memilih menggunakan garam berkualitas dan aman untuk pengasinan. Salah satu merk garam yang direkomendasikan untuk pengasinan ikan adalah garam Sumatraco.

Proses Pengasinan Ikan Dengan Garam Sumatraco

1. Pemilihan Ikan , Ikan yang akan diasinkan harus dalam keadaan segar, ikan yang segar akan menghasilkan produk yang baik.

2. Pembersihan, Ikan dicuci dan dibersihkan secara hati - hati untuk menghilangkan kotoran dan sisik yang tidak diinginkan.

3. Pemberian garam, Setelah dibersihkan ikan direndam dalam garam Sumatraco. Garam sumatraco dikenal karena kualitas dan tidak merusak rasa.

4. Penjemuran, Ikan yang telah direndam dalam garam kemudian dikeringkan dan dijemur dibawah matahari langsung atau dengan bantuan alat pengering khusus. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga ikan mencapai tingkat pengeringan yang diinginkan.

5. Penyimpanan , Setelah ikan benar - benar kering, ikan asin bisa disimpan dalam wadah kedap udara untuk jangka waktu yang cukup lama.

Pengasinan ikan dengan garam sumatraco dapat membuat ikan asin terasa lezat, sehat dan tahan lama. Ikan asin bisa anda olah menjadi berbagai masakan lezat seperti ikan asin goreng, sambal goreng ikan, tumis ikan pedas dan lain - lain.

 
BERITA & ARTIKEL LAINNYA