ANEKA BERITA & ARTIKEL

Walau Sama Asin, Ini Bedanya Garam Industri Meja dan Garam Laut

22 / 11 / 2017

Baik garam meja maupun garam laut rasanya sama asin. Juga digunakan sebagai bumbu pelezat makanan. Namun, apa perbedaan keduanya?

Garam sudah tidak bisa dipisahkan dari makanan, karena bisa memberikan rasa gurih. Bahkan di Indonesia sendiri muncul istilah "sayur tanpa garam kurang sedap".

Garam memiliki banyak jenis, seperti garam meja dan garam laut. Keduanya sama gurih dan asin. Tetapi perbedaannya ada pada tekstur dan kandungan yodium di dalamnya.

Dilansir dari US News untuk membantu memilih jenis garam yang baik digunakan, berikut perbedaan kandungan yodium antara garam laut dan garam meja.

1. Garam Meja

Garam meja dinilai lebih banyak memiliki yodium dari pada garam laut. Selain pada garam, yodium juga terdapat pada nori, wakame, kombu rumput laut, ikan air asin hingga produk susu. Banyaknya kandungan yodium tergantung pada kandungan yodium dari tanah, penggunaan pupuk dan pratik irigasi.

Teksturnya lebih halus dan rasanya tak terlalu asin. Biasanya orang memanfaatkan garam ini sebagai tambahan pada makanan yang sudah matang namun kurang asin. Biasanya banyak diproduksi di tambak garam dan diolah secara tradisional.

Ketika tubuh kekurangan yodium, tiroid tidak menghasilkan cukup hormon untuk membantu tumbuh dan berkembang. Kekuragan yodium juga bisa menyebabkan gondok atau kelenjar tiroid yang membesar. Selama kehamilan dan awal masa bayi, defisiensi yodium dapat menyebabkan efek irreversible.

2. Garam Laut

Garam jenis ini tentu saja dipanen dari laut. Berbagai daerah memiliki metode panen yang bebeda, tetapi yang pasti garam laut memerlukan penguapan air laut. Metode yang berbeda tersebut menghasilkan variasi kandungan mineral, warna, rasa dan tesktur.

Sebagian garam laut memiliki kristal yang berbentuk tak beraturan dengan ukuran besar. Harga garam ini cenderung lebih mahal dan digunakan sebagai alternatif yang lebih sehat dari pada garam meja. Namun, kandungan natrium pada kedua garam tersebut sebanding.

Salah satu keuntungan dari garam laut adalah Anda dapat menggunakan lebih sedikit karena menggunakan lebih banyak volume yaitu sebanyak satu sendok teh. Pilih garam laut yang memiliki kandungan yodium.

Untuk anda yang ingin men Jual Garam Beryodium Sumatraco, jangan khawatir untuk menjadikan pilihan. Karena telah terbukti Jual Garam Beryodium Sumatraco mengandung yodium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain juga tentu menguntungkan untuk anda yang ingin menjadi distributor Jual Segala Macam Garam Industri Sumatraco.

Sumatraco menjadi salah satu perusahaan yang men Jual Segala Macam Garam Industri Sumatraco yang memiliki Pabrik Garam Indonesia yang telah uji klinis dan keamanannya dan menjadi Pabrik Garam Tertua yang masih beroperasi hingga kini. Pabrik Garam Indonesia Sumatraco menJadi Sell Industrial Salt Indonesia dan tak perlu ragu untuk menjadi distributor Jual Garam Beryodium Sumatraco.